Jumat, 17 Februari 2012

Install Printer di Ubuntu

Printer dalam sistem operasi Ubuntu umunya sudah langsung dikenal tanpa perlu menambah driver printer karena database printer telah disediakan untuk jenisjenis yang umum. Misalnya printer keluaran HP, Epson dan beberapa keluaran Canon.

Berikut ini langkah-langkah untuk meng-install printer di Ubuntu:
1. Hubungkan kabel printer dengan komputer dalam kondisi Ubuntu aktif, penulis menggunakan printer USB, jadi kabel dicolok di salah satu USB port.
2. Turn on printer maka akan ada pemberitahuan bahwa ada perangkat keras baru ditemukan seperti dalam gambar PR.1 di bawah ini.

3. Ubuntu secara otomatis akan mencari driver yang sesuai dengan printer tersebut, bila ditemukan dalam database printer Ubuntu maka akan muncul konfirmasi seperti dalam gambar PR.2 di bawah ini.

4. Printer HP Deskjet-3900 series sudah siap digunakan, lakukan Print test Page. Dapat diakses di menu System Administration → → Printing, seharusnya akan tampak daftar printer di atas kemudian klik kanan properties → Tombol Print test Page

Bila ternyata printer yang Anda miliki tidak ada dalam daftar database driver printer Ubuntu, seperti jenis Epson C90 maka Anda bisa menggunakan driver printer Epson C79 atau T20, Epson T11 menggunakan driver T20. Berikut cara meng-install printer tersebut:

1. Masuk ke-menu System → Administration → Printing, maka akan muncul window baru dimana akan terlihat daftar printer yang terhubung dengan Ubuntu yang digunakan (gambar PR.3).

2. Klik kanan pada icon printer dan pilih properties maka akan keluar seperti gambar PR.4 di bawah ini.

3. Setelah itu klik tombol Change pada Make and Model selanjutnya muncul window Change Driver. Pilih jenis printer sesuai pabrikan masing-masing, perhatikan gambar PR.5 di bawah ini.

 4. Pilih Select printer from database kemudian pilih merk printer yang digunakan. Di sini penulis menggunakan canon iP2770 (gambar PR.6) kemudian klik forward. Pilih pada bagian Models, model printer yang digunakan kemudian pada bagian Drivers pilih yang bertuliskan recommended dan dilanjutkan dengan klik forward.
5. Setelah klik forward maka akan mucul window seperti gambar PR.7 di bawah ini. Kemudian pilihlah Use the new PPD (postscript Printer Description) as is kemudian tombol Apply untuk mengaktifkan.




0 komentar:

Posting Komentar