Jumat, 17 Februari 2012

Sejarah Singkat Linux Ubuntu


Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni ? Humanity to Others ? yang berarti ?Kemanusiaan Untuk Sesama?. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004.Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.

Sang penemu linux yaitu Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputing pun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. 

Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik universitasnya.

Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar adalah sebagai berikut :


Beberapa waktu bulan yang lalu, Ubuntu telah meluncurkan versi terbaru mereka yakni
Ubuntu 10.04 LTS ( Lucid Lynx ).


0 komentar:

Posting Komentar